Agroforestry konsep dari Perum PERHUTANI membuahkan hasil maksimal di lereng gunung Argopuro

  • Whatsapp

Situbondo, Primanews.net – Produk kopi dan tembakau di Lereng gunung Rengganis menjadi idola para pecinta kopi dan tembakau tak ayal hasil alam di daerah ini menembus ke seluruh Indonesia dan bahkan mancanegara. Sistem penggunaan lahan usaha tani yang bekerjasama dengan perum Perhutani di daerah kaki gunung Argopuro ini mengkombinasikan pepohonan dengan tanaman pertanian untuk meningkatkan keuntungan perusahaan dan kesejahteraan baik secara ekonomis maupun lingkungan warga sekitar kawasan hutan

Read More

Saat tim media mendatangi 2 Desa yang terletak di Kecamatan Sumber malang Kabupaten Situbondo Jawa Timur. tepatnya Desa Tamankursi dan Desa Baderan yang mana 80 % Warganya bekerja di lahan milik perhutani tepat nya di Petak 6 dan 7 . Rph sumber malang bkph besuki kph bondowoso.

Ruslan Jhoni, dusun . Baderan Barat rt 03 rw 02 Desa Baderan Kec.Sumbermalang Kab. Situbondo. Pemilik gudang yang dikenal sebagai Pondok Kopi ini adalah Salah satu pengepul kopi dan tembakau yang mendulang sukses berkat hasil alam tersebut. Pria muda yang juga Kades Desa Baderan ini bercerita tentang pengalamannya kepada awak media bahwa Usaha kopi mulai dia geluti mulai tahun 2015 lalu , kirimnya ke daerah bandung, malang, palangkaraya juga ke daerah lain sesuai dengan pemesanan, dengan jumlah perpanen kurang lebih 100 ton kopi basah/cerry. awalnya saya Menyerap tenaga kerja 25 orang dari desa baderan waktu musim panen saat ini karyawannya udah ratusan. Ujar jhoni

Ruslan Jhoni, dusun . Baderan Barat

Bukan hanya kopi dia juga menggeluti usaha Tembakau mulai tahun 2013 kirimnya ke tulungagung, bandung dan depok, dan juga sesuai dengan pesanan pabrik serta Home Industri. Rata rata Jumlah per panen tembakau di desanya kurang lebih 25 ton yang mana semua tembakau tersebut Semua saya beli ke petani yang menggarap lahan perhutani di desa saya, pungkas Kades Baderan Ruslan Jhoni.

Ruslan Jhoni, dusun . Baderan Barat

Suheriyanto atau yang akrab disapa Om Tomi pemuda asal desa taman kursi dusun krajan rt 03 Rw 01 kec.sumber malang Kab situbondo. yang juga pengepul Kopi Jenis Arabica dan Tembakau juga memaparkan.kalau Kopi Jenis arabika lereng argopuro taman kursi ini diminati banyak konsumen di daerah perkotaan kami sebagai pengepul kopi ngelondongan di desa kami perhari bisa menampung minimal 4 ton glondongan disaat musim panen kopi terus kami proses fermentasi di olah sampai setengah jadi saya bisa kirim sebulan 3 x kebandung perkiriman bisa 8 ton bahkan sebelum pandemi saya sudah mulai belajar impor saat ini karena pasar impor sepi kami hanya melayani pengiriman domestik saja. Ujar Tomi.

Tomi asal desa taman kursi

Saat rombongan awak media mendatangi RPH Sumber malang kami disambut oleh seorang pria berseragam perhutani yang bernama Didid prayitno yaitu mandor polter rph sumber malang. wawancarapun kami mulai menurut Didit saya selaku polter berusaha keras melakukan pengawasan dan komsos untuk menyadarkan masyarakat tentang manfaat hutan lestari dan dampak kerusakan hutan untuk masyarakat sehingga masyarakat antusias dalam pelestarian hutan, masyarakat di daerah cukup makmur dari segi ekonomi karena penghasilan kopi dan tembakaunya yang luar biasa.

Didit prayitno yaitu mandor polter rph sumber malang

sehingga perilaku menyimpang seperti penebangan kayu secara ilegal jarang kami temukan karena masyarakat sekitar daerah ini sibuk bercocok tanam baik Kopi ataupun tembakau sinergitas masyarakat dan perhutani di 2 desa yang berbatasan langsung dengan hutan perhutani ini sudah terjalin sejak lama. Tukasnya.

(red)

Related posts