Aktivitas Pertambangan di Desa Curah Suri Jatibanteng Layak Jadi Contoh di Daerah Lain

  • Whatsapp

Situbondo, Primanews.net – Seperti kita ketahui bersama aktivitas galian C Di daerah Kabupaten Situbondo mulai menjamur apalagi sebentar lagi daerah Situbondo ini dilalui proyek Tol PROBOWANGI yang mana para Investor Baik dari luar daerah dan putra daerah berbondong membuka Koari Tambang galian C di beberapa titik di Kabupaten Situbondo.

Read More

Usaha Tambak Udang yang juga lagi Menggeliat di Sepanjang Garis Pantai Terpanjang di Pulau Jawa Situbondo ini juga membuat kuota kebutuhan Sirtu dan Tanah urug makin melonjak akan tetapi banyak problem yang mengiringi aktivitas galian C mulai dari hulu sampai ke Hilir nya (“Pembuangan / Market Galian C”). Mulai keluhan jalanan Rusak, jalan berdebu dan bahkan CSR bagi warga terdampak di areal Wilayah Usaha Pertambangan Galian C ini.

Tapi hal ini cukup diantisipasi oleh PT CURAH SURY MINNING dengan H Huda Putra Daerah Asli Situbondo Sebagai OWNER nya. perusahaan Lokal (Milik Putra Daerah) yang bergerak di bidang jasa pertambangan galian C ini tak kalah dengan investor Luar untuk melakukan pemberdayaan warga sekitar jatibanteng.

Sementara Koordinator / Pengelola Tambang MAHARDIKA IRAWAN saat di jumpai awak media menerangkan Semenjak tambang curah suri berjalan selama 2 bulan kami sudah menjalan sebagian kewajiban kami pelaku usaha tambang yang sudah diatur oleh UU. Dan usaha kami ini adalah usaha pertambangan yang Resmi / LEGAL pertama yang ada di kecamatan Jatibanteng – Situbondo.

Setelah di Singgung oleh wartawan kepada pihak Pengelola terkait perekrutan, Pria yang Akrab di sapa Irawan ini menjelaskan pekerja di perusahaan ini 95 persen adalah warga desa curah suri dan sebagian warga desa jati banteng dan sekitar Besuki.

Nah untuk warga di desa sekitar wilayah pertambangan. Kami intens melakukan Pembagian beras 5 kg kepada setiap warga terdampak sdh mulai kami bagikan ujar Irawan,

Pembagian beras 5 KG Tiap Kepala di Desa Cura Suri dan bahkan juga dibeberapa Desa Di Kecamatan Jatibanteng

Juga lampu Lampu Penerangan jalan Umum / PJU yang diminta oleh Warga sudah kami pasang yg masyarakat usulkan kala itu, penyiraman jalan yang dilalui Dum Truck sudah kita lakukan 3x sampai 5x per hari tergantung situasi cuaca dilapangan.

Untuk Perbaikan jalan rusak sudah kami lakukan secara berkala dan bertahap begitu jg penimbunan badan jalan sepanjang jalan raya kecamatan jati banteng sampai ke desa bloro kecamatan Besuki.

Bahkan Perusahaan kami juga mendistribusikan bantuan juga kami berikan kepada mereka warga sekitar lokasi pertambangan yang mengadakan hajatan.

Kedepan kami jg akan bekerja sama dengan Banser dan karang taruna setempat untuk kegiatan2 yg bersifat positif. Minimal dengan adanya usaha pertambangan Legal pertama di Kecamatan Jatibanteng ini akan membantu roda perekonomian juga bermanfaat bagi masyarakat Jatibanteng khususnya dan Situbondo pada umum nya. Pungkas Mahardika Irawan. (TIM)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *