Eksekusi 16 Rumah 1 Musholla di Besuki Berjalan Kondusif

  • Whatsapp

Besuki, Primanews.net – Seperti kita ketahui bersama Eksekusi langka tanpa mobilisasi pihak keamanan pada lahan seluas 1577 M2 yang ditempati 20 Kepala Keluarga di 16 rumah dan 1 Musholah dilaksanakan Pengadilan Tinggi Surabaya.l, Selasa (18/8). Kemarin

Eksekusi yang berdasarkan ketetapan Pengadilan Negeri (PN) Situbondo No 3 / Pdt.Eks/2020/ PN SBY. Jo no 10/Pdt.G/2006 Pn Sit. Jo.no 123 / Pdt/2007/PT.SBY,

Read More

Kala itu Kesepakatan eksekusi lahan tersebut dibacakan oleh pihak Pengadilan Situbondo yang diwakili oleh Abdul Kadir Jailani S.H, Kokoh Mukaidi S.H, dan rekan-rekan, dikantor desa Besuki dengan disaksikan Kades Besuki, Husama Bahres dan Ketua Umum LSM SITI JENAR Eko Febrianto, dengan disaksikan Kapolsek Besuki, Danramil dan dari perwakilan Kecamatan Besuki serta pihak Tergugat serta Penggugat.

Janji Kades Besuki Husama Bahres yang kala itu menyatakan, atas nama pemerintah desa Besuki hanya bisa berbuat yang terbaik untuk warga.

“Saya sebagai bapak dari masyarakat kami hanya bisa melakukan yang terbaik untuk warga kami. Dengan adanya Eksekusi ini kami Pemerintah Desa (Pemdes) Besuki akan langsung bergerak mulai dari relokasi sementara,” kata Kades.

Sementara untuk pergantian lahan akan disiapkan di pusat Kota Besuki. Saat ini sudah terealisasi.

Foto: Kades Besuki Husama Bahres

”Pemdes Besuki bantu untuk ketersediaan MCK (Mandi Cuci Kakus) dan bahkan kendaraan angkut untuk memindahkan barang barang mereka dan saya telah memikirkan hal ini sudah beberapa bulan yang lalu bersama mas Eko Febrianto (Ketum LSM SITI JENAR), apa yang langkah terbaik yang bisa kami lakukan kalau nanti Eksekusi jadi dilaksanakan sembari saya melobi pihak PN dan Penguggat untuk memberika sedikit kompensasi baik uang bongkar dan waktu selama 2 bulan dari sekarang agar warga kami mempunyai waktu untuk mengangkut barang-barang mereka di tempat yang telah kami sediakan,” ujar Kades Besuki Husama Bahres kala itu.

Di tempat yang sama, Ketua Umum LSM SITI JENAR Eko Febrianto yang sejak awal mendampingi puluhan masyarakat jalan Jokotole dusun kauman desa Besuki mengatakan kepada Awak Media, bahwa peristiwa eksekusi tersebut yang paling kondusif di Indonesia.

Foto : Ketua Umum LSM SITI JENAR Eko Febrianto mendampingi puluhan masyarakat

” Mungkin ini Eksekusi yang melibatkan puluhan warga yang paling kondusif se-Indonesia karena eksekusi yang semula diperkirakan ricuh ini sudah kita antisipasi sedari beberapa bulan yang lalu,” kata Eko Febriyanto.

Foto : Ketua Umum LSM SITI JENAR Saat Proses pengawalan Masyarakat Setempat

Proses eksekusi ini , sambung Eko, memang butuh pendekatan secara Persuasif dengan mengedepankan dialog langsung baik dengan puluhan warga yang notabene Tergugat dan pihak Penggugat yang di fasilitasi Kades Besuki, PN Situbondo dan Perwakilan Warga agar Eksekusi puluhan rumah di pusat kota Besuki ini kondusif.

Foto : Proses Eksekusi Berjalan Kondusif

” Kita selaku perwakilan warga tetap mengedepankan kesadaran dan menghormati keputusan hukum dari Pengadilan Tinggi Surabaya yang tapi tetap mengindahkan Asas kemanusiaan yang ada,” terang Eko Febrianto.

Pelaksanaan Eksekusi berjalan lancar antara Pemohon Eksekusi dengan Termohon Eksekusi terselesaikan dengan baik. Hal itu sudah kami antisipasi walau tanpa ada keterlibatan APH sebelumnya. Mengingat ini adalah tahun politik yang rentan di susupi dan ditunggangi pihak pihak yang tidak bertanggung jawab.

Dalam pelaksanaan eksekusi yang damai dan kondusif tersebut tentunya menimbulkan kepuasan tersendiri baik bagi pihak pengadilan maupun Pemohon Eksekusi dan Termohon Eksekusi, kepuasan bagi pihak peradilan setelah selesai pelaksanaan pembacaan Eksekusi yang dipimpin oleh Panitera Pengadilan Negeri Situbondo siang ini dan terwujudnya Eksekusi dengan aman dan damai ini tentu manjadi sebuah kepuasan, semua pihak karena telah berhasil memberikan pelayanan hukum yang nyata kepada masyarakat, maknanya tentu telah berhasil membantu masyarakat pencari keadilan untuk mendapatkan hak-haknya dan diakhir pelaksanaan Eksekusi, Termohon Eksekusi pihak PN Situbondo.

“Saya Ketum LSM SITI JENAR dan disaksikan Kades Besuki, Kapolsek Besuki, Danramil Besuki dan perwakilan Kecamatan Besuki, berdamai dan hal ini menandakan bahwa mereka sudah mendapatkan rasa keadilan yang mereka tunggu selama ini. Dan selaku NGO yang mempunyai tugas menyampaikan suara masyarakat bawah dan mengawal masyarakat juga mengucapkan terima kasih atas lancarnya pembacaan Eksekusi yang di fasilitasi oleh Kades Besuki di balai Desa Besuki ini,”

Foto : Ketum LSM SITI JENAR dan Kades Besuki, Kapolsek Besuki, Danramil Besuki dan perwakilan Kecamatan Besuki,

Nah sekarang udah genap 2 bulan dari proses pembacaan Eksekusi tersebut dan warga pun sudah melakukan proses pembongkaran dengan kesadaran mereka sendiri, hari ini Rabu 21 Oktober 2020 tim dari Media SitiJenar news dan Prima News Memantau tempat EKSEKUSI ternyata memang benar adanya warga sudah melakukan pembiaran sendiri 16 Rumah dan 1 Musholla dengan sukarela dan janji Pemdes Dalam hal ini Kades Husama Bahres untuk membantu lahan Relokasi juga sudah ditepati,

Eko Menambahkan terkait kasus Eksekusi langka ini dia menerangkan kepada awak media, bahwasanya Kadangkala ending dari sebuah “Penegakan hukum” seringkali justru malah menimbulkan ketidakadilan karena biasanya dan kebanyakan dilakukan secara kaku nah disini ini yang menjadi pembeda dengan kebanyakan kasus yang sama di negeri ini

Saya hanya menginginkan Penegakan hukum semestinya dilakukan dengan sentuhan humanistik untuk menangani kasus-kasus tertentu, seperti yang menimpa rakyat kecil / Masyarakat bawah / Akar Rumput seperti ini

“Model peradilan kita di Indonesia masih memahami perundang-undangan sebatas apa yang tertulis begitu saja, tak jarang akhirnya terjadi beberapa kasus hukum yang justru memilukan hati,” Nah disitulah peran kita sebagai NGO / Penyambung Aspirasi masyarakat itu di uji.

Mungkin dengan sentuhan rasa kemanusiaan dan dengan cara memanusiakan manusia seperti ini minimal kita bisa mengurangi beban mereka. Tukasnya. (red)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *