Guru SD Mendadak Menjadi Terkenal dan kaya raya Berkat Tanaman porang,

  • Whatsapp

Nganjuk & Bojonegoro, Primanews.net – Sabtu 13 Februari 2021 Penelusuran tim Media Sitijenar Group kali ini kembali turun langsung menelusuri daerah yang dijuluki segita emas nya Jawa timur penelusuran kami saat ini diantar oleh petugas perhutani asal Besuki – Situbondo yang saat ini bertugas sebagai kaur tata usaha di BKPH napes KPH padangan yang dikenal sering beradaptasi dengan dan cukup banyak mengenal LMDH yang Memang mempunyai potensi untuk mengembangkan usaha Agro bahkan diluar areal tempatnya bertugas seperti di daerah Bendo Asri dan sekitarnya kamipun diantar sampai ke wilayah titik segita emas yang dimaksud ini adalah wilayah KPH Nganjuk, Saradan Madiun dan Bojonegoro.

Porang menjadi primadona bisnis, tanaman ini memiliki ciri-ciri yang sangat jelas sekali berbeda dengan tumbuhan umbi lainnya. Tumbuhan herbal ini memiliki batang yang tegak dan lunak. Tumbuhan ini memiliki batang halus berwarna, seperti hijau atau hitam. Di batang halus itu juga terdapat totol-totol putih. di Indonesia sendiri tanaman porang ini memiliki nama-nama yang berbeda yang disesuaikan dengan daerah asalnya.

Read More

Umbi Prorang

Di daerah Jawa Timur misal, lebih tepatnya Nganjuk, Saradan madiun dan Bojonegoro porang diberi nama kairong. Budidaya Porang.

Porang ternyata memiliki banyak sekali manfaat untuk kesehatan dan industri. Oleh sebab itu, produksi porang sedang digalakkan agar mampu memberikan stok yang cukup untuk permintaan porang dari berbagai daerah dan bahkan impor.sebenarnya porang dapat tumbuh di jenis tanah apa saja. Tapi porang akan tumbuh dengan baik di tanah yang memiliki naungan. Contohnya ialah dibawah pohon jati, mahoni dan sengon yang banyak terdapat dilahan negara yang dikelola Perum Perhutani. Tehnik dan metode tanamnya juga sangat mudah dan cukup Tanam Sekali tapi bisa panen berkali – kali cara menanam yang baik tentu saja dibawah naungan dan tegakan pohon-pohon besar seperti pohon jati di kawasan perhutani. Dengan menggunakan sistem bercocok tanam seperti itu penduduk sekitar yang menggantungkan hidup dilahan perhutani ini tidak akan merusak tanaman perhutani lainnya.

Selain itu cara ini juga memanfaatkan lahan yang kosong untuk menghasilkan uang yang cukup lumayan banyak setiap tahunnya dengan ini dampak sosial langsung dirasakan oleh masyarakat. Porang cukup ditanam pada lahan di sekitar pohon jati yang rindang. Porang ternyata cukup ditanam sekali, lalu tinggal melakukan pemeliharaan dan memanen. Umbi akan tumbuh lagi setelah panen dengan meninggalkannya dilubang semula. dengan permintaan pasar yang sangat begitu besar ini masyarakat sekitar hutan cukup merasakan dampak positifnya naiknya taraf ekonomi mereka dengan menanam dan membudidayakan tanaman Porang ini.

Katak porang, Yang di jual untuk bibit

Sementara pihak perhutani Divisi Regional Jawa Timur yang di wakili oleh Kepala Humas / Komper (Komunikasi Perusahaan) H Munir saat ditemui awak media beberapa saat lalu di Kantor Divre Jatim jln Genteng Kali Surabaya mengatakan kepada awak media 3 KPH kami yang berada di KPH Bojonegoro, Nganjuk dan Saradan yang memiliki kewenangan mengelola areal hutan disanapun sudah mensuport masyarakat dalam melakukan budidaya ini wal hasil dampak positif dari sudut pandang ekonomipun mulai terasa oleh masyarakat sekitar hutan yang berada disana.

Sementara Ketua LMDH Artomoro desa Bendo asri kecamatan Rejoso Kab. nganjuk Riyanto melihat potensi tanaman ini sejak tahun 1986 dan mulai tahun itu pula yang sudah menanam Porang bahkan jauh sebelum ada LMDH. Seiring berjalannya Waktu, Akhirnya Di desa Bendo asri terbentuklah Lmdh Artomoro, Ketua LMDH Bpk Riyanto, disamping Ketua Lmdh Beliaunya Kepala Sekolah SD didaerahnya .

Ketua LMDH RIYANTO saat menemani Gubernur Jatim meninjau lokasi areal tanaman Porang di kawasan segita emas Jatim

Dimana Lmdh tersebut Masuk Pangkuan RPH Jeruk dan RPH Bendo sewu, BKPH Kritik.Secara Garis besarnya LMDH Bendo asri masuK wilayah administratif, DeSa Bendo asri, Kec. Rejoso, Kab Nganjuk

Nah Untuk produksi tanaman sendiri setiap.tahunnya Menghasilkan kurang lebih 2000 – 3000 ton,tiap panennya. Lmdh bendo arsi yg di ketuai, Bpk riyanto, Kebetulan Berbatasan Dengan BKPH Klino KPH Bojonegoro, dan KPH Saradan,
Dimana wilayah tersebut juga dikenal mayoritas masyarakat yang menekuni usaha menanam Tanaman Porang dibawah tegakan kayu kayu milik perhutani.

Tanaman Porang dibawah tegakan kayu kayu milik Perhutani

Sederet prestasi dan penghargaanpun sudah didapat oleh LMDH ini kami berharap masyarakat yang hidup disekitar hutan dimanapun berada bisa kreatif melihat peluang karena hutan kita ini mempunyai potensi yang luar biasa tinggal bagaimana cara kita memaksimalkan dalam pengelolaannya ya barang tentu harus bersama dan bersinergi dengan PERHUTANI yang notabene Badan Usaha Milik Negara yang berbentuk Perusahaan Umum (Perum) dimana memiliki tugas dan wewenang untuk mengelola sumberdaya hutan negara di pulau Jawa dan Madura. Yang mana peran strategis Perhutani adalah mendukung sistem kelestarian lingkungan, sistem sosial budaya dan sistem perekonomian masyarakat perhutanan.untuk mendukung keberhasilan memaksimalkan masa depan pengelolaan sumberdaya hutan dan lingkungan berdasarkan kondisi hutan yang ada. Tukasnya

Red

Related posts