Ini Sosok Bocah Pemulung, yang Viral membaca Al-Quran di Pinggir Trotoar

  • Whatsapp

Garut, Primanews.net – Foto viral seorang anak, pemulung. Ketika berteduh dari rintiknya hujan, ia mengisinya dengan membaca Al-Quran. Dia adalah remaja berusia 16 tahun asal Garut bernama Muhammad Gifari Akbar.

Lelaki yang akrab disapa Akbar tersebut sudah memiliki kebiasaan membaca Al-Quran sejak kecil. Kebiasaan tersebut terus dilakukannya hingga kini dia menjadi pemulung.

Read More

“Itu kewajiban. Insya Allah setiap hari suka ngaji,” Ucap Akbar kepada awak media di rumahnya, Kamis (5/11/2020).

Dari ceritanya, dia pergi ke Bandung mencari pekerjaan untuk membantu kakek neneknya. Selama ini hidup bersama mereka. Kedua orang tuanya sudah pisah.

Garut-Bandung 50 km jalan kaki. Kondisi saat ini sulit mencari pekerjaan. Yang dagangpun sama. Akhirnya dia jadi pemulung. Gak punya tempat tinggal. Hidup di jalan.

Akbar menjelaskan, keinginan terbesarnya saat ini ingin membahagiakan orang tua. Selain itu, suatu hari nanti, Akbar bermimpi ingin memiliki sebuah pondok pesantren. pungkasnya

Semenjak fotonya viral dan menjadi perbincangan, tamu tak henti berdatangan ke rumahnya. Saat ini, dia banjir tawaran masuk pesantren.

Akbar mengaku, saat ini ada beberapa pesantren yang menawarinya untuk bergabung.

Usut punya usut, Akbar sejak kecil sudah dibekali dengan ilmu agama oleh keluarganya. Membaca Al-Quran sudah menjadi rutinitas tersendiri baginya.

Karena itulah, Akbar mengakui nasihat agar selalu salat dan membaca Al-Quran tetap ia pegang kuat-kuat meski berada dan hidup di jalanan.

Apalagi, kata Akbar, dirinya bisa merasa kenyang ketika kelaparan kalau membaca Al-Quran.

“Kalau di jalanan tidak punya uang kan lapar, saya mengaji Al-Quran saja, konsentrasi sampai rasa lapar hilang,” kata dia.

Semoga bermanfaat dan jadi pelajaran buat kita semua.

(eka jabar)

Related posts