Kapten Inf Heriyadi Danramil Kalipuro Laksanakan Sosialisasi Ijen Geopark

  • Whatsapp

Banyuwangi, Primanews.net – Kapten Inf Heriyadi Danramil 0825/21 Kalipuro bersama Forkopimka Kecamatan Kalipuro laksanakan kegiatan Sosialisasi Ijen Geopark bertempat di pantai wisata Cacalan, lingkungan Sukowidi, Kelurahan Klatak, Kecamatan Kalipuro yang diikuti oleh kurang lebih 35 warga dengan menerapkan protokol kesehatan. Banyuwangi Minggu, (20/12/2020)

Kabupaten Banyuwangi ditetapkan sebagai Geopark Nasional. Tiga situs yang telah ditetapkan sebagai geopark nasional adalah Blue Fire di Gunung Ijen, Taman Nasional (TN) Alas Purwo, dan Pulau Merah.

Read More

Konsep Geopark adalah sebuah Kawasan yang memiliki unsur-unsur geologi, termasuk nilai arkeologi, biologi dan budaya yang ada di dalamnya. Masyarakat setempat diajak berperan serta untuk melindungi dan meningkatkan fungsi warisan alam.

Peneliti Ahli Utama Pusat Survei Geologi, Badan Geologi, Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), Hanang Samodra mengatakan Banyuwangi memiliki kekayaan geologi yang luar biasa dan lengkap.

Kapten Inf Heriyadi Danramil Kalipuro menyampaikan,”Ijen ini merupakan kawah dengan air asam terbesar di dunia. Juga ada fenomena api biru yang langka dan mudah diakses. Begitu juga dengan Pulau Merah dengan potensi mineral yang luar biasa dan merupakan jenis pertambangan dengan akses paling mudah dibandingkan pertambangan lainnya. Ini adalah potensi geopark yang bisa dioptimalkan,” ujarnya

Emen/Ipul/Pendim0825

Related posts