Konsep Industrialisasi yang Terintegrasi itu Jangan Hanya Sekedar Opini Jualan saat Pilkada.

  • Whatsapp

Dalam membangun industri itu harus terintergrasi mulai dari menyiapkan tata ruang. Memikirkan pembuangan limbah, memperhitungkan polusi dan menyiapkan SDM yang diperlukan ditengah tengah masyarakatnya.

Terintegrasi maksudnya adalah ketika industri itu berdiri jangan sampai limbah atau polusi menjadi masalah bagi masyarakat nanti dibelakang harinya. sementara dari sisi nilai kesejahteraannya justru mereka (Investor dan tenaga ahlinya) di bawa pulang kedaerah asal mereka mengingat ketersediaan SDM yang diperlukan tidak tersedia disini.

Read More

Seperti saat ini banyak muncul keinginan-keinginan dari segelintir masyarakat yang hanya diberi mimpi instan oleh bualan orang yang berkepentingan di pilkada untuk menjadikan Situbondo sebagai kabupaten ramah investasi. tapi apakah sudah mereka fikirkan dampak dampak negatifnya. Ketika investasi bermuara pada berdirinya pabrik pabrik dan industri mulai dari polusi limbah dan bahkan SDM. Ya tentu dari skrng kan harus juga kita fikirkan tentang dampak dampak negatif itu jangan masyarakat diberi gambaran manis nya aja dampak buruknya juga seyogyanya juga difikirkan.

Sebab kalau hanya kita mau mendatangkan investor itu sangatlah mudah tapi memikirkan dampak yang harus ditanggung masyarakat dan bahkan anak cucu kita kelak. itulah masalah yang sesungguhnya.

Jadi opini yang berkembang tentang susahnya perijinan di kabupaten Situbondo saya kira sudah tidak relevan lagi untuk digoreng menjelang pilkada ini dan terkesan terlalu mengada ngada. apalagi dengan lahirnya UU CIPTA KERJA mengatakan perijinan itu susah itu menjadi kehilangan relevansi sebab UU tersebut jelas. Bahkan di dalam isi nya menyebutkan untuk memangkas seluruh hambatan perijinan bagi masuknya sebuah investasi.

Jadi intinya tugas calon kepala daerah dalam hal ini adalah benar benar memikirkan bagaimana dampak dari lahirnya industri industri dan pabrik pabrik terhadap kesejahteraan, kenyamanan dan bahkan kesehatan dari masyarakatnya bukan malahan memberikan narasi yang menyudutkan seperti dalam ajang debat kandidat kemarin dan di tiap tiap slogan yang mereka usung khususnya mereka yang belum pernah berbuat untuk kabupaten ini saya kira. (Red)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *