Presiden Joko Widodo, Pimpin Upacara HUT TNI 75 Secara Virtual di Istana Negara

  • Whatsapp
Presiden Joko Widodo, Pimpin Upacara HUT TNI 75 Secara Virtual di Istana Negara

Jakarta, Presiden Joko Widodo (Jokowi) menjadi inspektur upacara peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-75 Tentara Nasional Indonesia (TNI) diselenggarakan secara virtual atau online di Istana Negara, Jakarta, Senin 5 Oktober 2020.

Berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, HUT ke-75 TNI tahun ini diselenggarakan di tengah pandemi Covid-19.  Upacara digelar dengan menerapkan protokol kesehatan yang ketat dan menjaga jarak.

Read More

Presiden Jokowi memimpin mengheningkan cipta dan menyaksikan pengucapan Sapta Marga TNI oleh Letnan Dua Marinir Yafet Basik Basik.

Dari tayangan live streaming Sekretariat Presiden, tampak Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto didampingi tiga pimpinan matra TNI, yaitu KSAD Jenderal TNI Andika Perkasa, KSAL Laksamana TNI Yudo Margono, dan KSAU Marsekal TNI Fadjar Prasetyo, serta pejabat negara lainnya.

Pada kesempatan HUT TNI itu, Presiden Jokowi menyaksikan langsung penganugerahan tanda kehormatan kepada tiga prajurit TNI dari trimatra.

Keputusan Presiden Republik Indonesia Nomor 9/22/27/TK/2020 tentang Penganugerahan Tanda Kehormatan diberikan kepada Kolonel Infantri Sri Widodo, Kapten Marinir Suryo Hadil Umam (Tanda Kehormatan Bintang Jalasena Nararya), dan Pembantu Letnan Satu Sobirin (Tanda Kehormatan Bintang Swa Bhuwana Paksa Nararya).

Penghargaan itu diberikan kepada prajurit TNI AD, TNI AL, dan TNI AU, yang dalam bidang tugas kemiliteran melebihi panggilan dan kewajibannya sebagai prajurit serta tanpa merugikan tugas pokoknya.

Jokowi lantas mengapresiasi peran TNI selama ini dalam menghadapi pandemi COVID-19. Dari membantu mendisiplinkan warga untuk mematuhi protokol kesehatan hingga ikut menegakkan aturan di daerah yang menerapkan pembatasan sosial berskala besar (PSBB).

“Di tengah suasana itu, kita patut memberi apresiasi yang tinggi kepada Tentara Nasional Indonesia atas berbagai perannya: dari membantu mendisiplinkan masyarakat mematuhi protokol kesehatan, ikut menegakkan aturan di daerah-daerah yang menerapkan PSBB, sampai menjalankan operasi kemanusiaan dalam upaya menghentikan penyebaran virus COVID-19,” tuturnya.

Jokowi pun berharap TNI selalu bersikap profesional. Dia juga berharap agar TNI selalu menjadi kebanggaan rakyat Indonesia.

Dirgahayu TNI. Teruslah menjadi tentara profesional dan menjadi kebanggaan rakyat,” kata Jokowi.

sumber: (Sekretariat Presiden)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *