Sigap..!! Tim Intelijen Kejati Sumut Berhasil Tangkap Stefen Agustinus, Terpidana Kasus Human Trafficking

  • Whatsapp

Medan, Primanews.net – Perdagangan orang khususnya bagi kaum perempuan dan anak, bukan masalah baru di Indonesia serta bagi negara-negara lain di dunia. Telah banyak yang mengawali sejarah lahirnya konvensi-konvensi sebagai upaya dari berbagai Negara untuk menghilangkan penghapusan Perdagangan Orang dan Penyelundupan Manusia terutama perempuan dan anak secara lintas batas Negara untuk tujuan prostitusi.

Jadi apapun bentuk dan modus tindak pidana kejahatan yang dilakukan oleh para sponsor atau agen pencari kerja dengan berbagai iming-iming pekerjaan yang menjanjikan haruslah diwaspadai, apalagi bentuk dan kejahatan tersebut dapat mengancam masa depan anak-anak kita.

Read More

Terkait hal di atas Tim Intelijen Kejaksaan Tinggi Sumatera Utara berhasil menangkap Stefen Agustinus, terpidana kasus perdagangan orang yang menjadi buronan sejak 2018. Ia ditangkap di kediamannya di Jalan Metal Tanjung Mulia, Hilir, Kecamatan Medan Deli, Kota Medan, Rabu (13/01/2021)

“Buronan tersebut berhasil ditangkap atas permintaan dari Kepala Kejaksaan Tinggi Nusa Tenggara Timur kepada Kejaksaan Tinggi Sumatera Utara (Sumut) tertanggal 12 Januari 2021.” tutur Kepala Kejati Sumut, IBN Wiswantanu yang diwakili oleh Asintel, Dwi Setyo Budi Utomo.

Budi Utomo menuturkan, “Dalam penangkapan buronan tersebut, tim menyamar sebagai warga yang ingin mengirim barang ke Sabang, Aceh. Upaya ini dilakukan untuk memudahkan tim bisa masuk ke dalam rumah terpidana itu, yang juga dijadikan sebagai kantor ekspedisi pengiriman barang dari Medan ke Sabang, tidak ada perlawanan pada saat tim mengamankan terpidana di rumahnya.” tuturnya.

Lebih lanjut Asintel menegaskan sesuai dengan amar Putusan Mahkamah Agung, Nomor 2479.PID.SUS.2017 tanggal 31 Januari 2018, terpidana melanggar Pasal 48 ayat 1 Undang-Undang Nomor 21 Tahun 2007 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Perdagangan Orang. Terpidana dijatuhi hukuman 7 (tujuh) tahun penjara dan tim intelijen membawa terpidana Stefen Agus ke Kejati Sumut, untuk selanjutnya diserahkan kepada tim Kejaksaan Tinggi Nusa Tenggara Timur.

(Eka Wardani)

Related posts